in

Cara Memutihkan Lampu Mobil yang Menguning: Tips dan Trik

Jika Anda sering berkendara di malam hari atau di cuaca buruk, maka kemungkinannya Anda sangat memperhatikan kualitas lampu mobil Anda. Lampu mobil yang menguning dapat membuat cahaya yang dipancarkan oleh mobil Anda menjadi redup dan kurang jelas.

Lampu mobil menguning juga bisa berdampak pada keamanan Anda selama berkendara, karena dapat memperburuk visibilitas jalan dan membuat sulit untuk melihat hambatan lainnya.

Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memutihkan lampu mobil yang menguning, sehingga Anda bisa merasa aman dan nyaman ketika berkendara.

Mengapa lampu mobil menguning?

Sebelum membahas cara memutihkan lampu mobil yang menguning, berikut penjelasan mengenai penyebab lampu mobil menjadi menguning.

Lampu mobil dirancang menggunakan bahan plastik, yang kadang-kadang disebut sebagai kaca akrilik. Bahan plastik ini dipilih karena lebih ringan dan lebih kuat daripada kaca biasa. Namun, bahan plastik ini terpengaruh oleh suhu dan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Lampu mobil cenderung terkena paparan sinar UV lebih banyak daripada bagian lain dari mobil, karena posisinya yang berada di depan.

Paparan sinar UV dapat menyebabkan oksidasi dan perubahan warna pada lapisan permukaan lampu mobil, sehingga membuat lampu menguning. Paparan sinar UV juga dapat mempercepat penuaan plastik, sehingga membuat lampu mobil menjadi pecah-pecah atau retak.

Cara memutihkan lampu mobil yang menguning

  1. Gunakan pasta gigi

Pasta gigi dapat digunakan untuk menggosok dan memoles permukaan lampu mobil yang menguning. Cuplikan gigi di dalam pasta gigi berfungsi sebagai pengikat dan bahan abrasif ringan untuk membantu menghilangkan kotoran dan plak dari permukaan lampu mobil. Namun, perlu diingat, saja bahwa pasta gigi tidak akan memperbaiki kerusakan atau retak pada lampu mobil.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu:

  • Bersihkan permukaan lampu mobil dengan air dan sabun ringan.
  • Tempatkan beberapa tetes pasta gigi pada kain bersih atau spons.
  • Gosok permukaan lampu mobil dengan tekanan ringan, sekitar 5-10 menit.
  • Bilas lampu mobil dengan air dan keringkan menggunakan lap bersih.
  1. Gunakan baking soda

Cara memutihkan lampu mobil yang kedua adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda dan menggosok permukaan lampu mobil yang menguning.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Campurkan setengah sendok teh baking soda dengan air untuk membuat pasta.
  • Gunakan kain bersih atau spons untuk menggosokkan pasta tersebut pada permukaan lampu mobil yang sudah dibasahi dengan air.
  • Gosok permukaan lampu mobil secara perlahan selama sekitar 5 menit.
  • Bilas lampu mobil dengan air dan keringkan menggunakan lap bersih.
  1. Gunakan penghilang baret

Penghilang baret dapat membantu memperbaiki kerusakan atau goresan kecil pada permukaan lampu mobil. Produk ini dijual di toko aksesoris mobil atau bengkel, dan dapat digunakan untuk menghilangkan goresan halus pada plastik lampu mobil.

Cara penggunaannya seperti ini:

  • Bersihkan permukaan lampu mobil dengan air sabun ringan.
  • Oleskan penghilang baret ke permukaan lampu mobil yang rusak dengan lap bersih.
  • Gosok permukaan lampu mobil secara perlahan dalam gerakan lurus menggunakan lap bersih.
  • Bilas lampu mobil dengan air bersih dan keringkan dengan lap

Kesimpulan

Lampu mobil yang menguning dapat mengurangi daya pandang saat berkendara dan meningkatkan risiko kecelakaan, karena mengurangi jangkauan pandang saat malam hari atau pada kondisi cuaca buruk. Namun, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menggunakan tips sederhana seperti mengepel permukaan lampu mobil dengan pasta gigi, baking soda, atau penghilang baret. Oleh karena itu, dari sekarang, perhatikan kualitas lampu mobil dan jangan lupa untuk memutihkan lampu mobil yang menguning jika sudah mengalami hal tersebut.

Written by Maya Fitriani

Maya Fitriani adalah seorang penulis otomotif yang menggabungkan minatnya dalam fotografi dengan cinta pada mobil. Maya adalah seorang pecinta perjalanan jarak jauh dan telah mengunjungi banyak tempat dengan mobilnya. Dalam blognya, Maya akan berbagi pengalaman perjalanan dengan mobil, menawarkan panduan wisata otomotif, serta memberikan tips fotografi otomotif yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bengkel Ganti Oli Mobil di Surabaya: Layanan dan Rekomendasi Terbaik

Akibat Telat Ganti Oli Matic Mobil