in

Lebar Velg dan Ukuran Ban Mobil: Panduan untuk Para Pecinta Otomotif

Sebagai seorang pecinta otomotif, kepastian dalam memilih ukuran ban mobil dan lebar velg berbeda-beda tampaknya terkadang membingungkan. Namun dengan memahami pentingnya faktor tersebut bisa menentukan kenyamanan dan level performa mobil Anda. Yuk kita simak penjelasannya.

Memahami Ukuran Ban Mobil

Ukuran ban mobil seringkali kita jumpai dalam bentuk nomor yang diletakkan di sisi ban. Nomor tersebut terdiri dari tiga angka, misalnya 205/45/R17.

  • Angka pertama (205) merupakan ukuran lebar ban mobil dalam milimeter.
  • Angka kedua (45) merupakan aspect ratio/ rasio ketinggian ban (ratio of the height of the sidewall to the its width), 1:2:5 sebagai aspect ratio paling umum.
  • Huruf R pada nomor tersebut merupakan code untuk ban radial.
  • Angka terakhir (17) mengindikasikan diameter ban mobil dalam inci (inches).

Perbedaan Ukuran Ban Mobil: Perbandingan Asimetris

Dalam dunia otomotif, ban mobil memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Ada ban asimetris dan juga ban simetris.

Ban asimetris terdiri dari dua ukuran yang berbeda beda pada layar pengukur. Terlihat lebih tebal dibagian dalam-bagian luar baik sisi dalam maupun luar.
Contoh: kanan dan kiri dengan ukuran 235/55R17 dan 265/45R17. Menempatkan ban dengan ukuran yang sarat seperti ini pada lebar velg mobil akan menjadikan tampilan kendaraan menjadi menarik.

Sedangkan ban simetris memiliki ukuran yang sama di seluruh sisi layar pengukur. Umumnya digunakan pada mobil-mobil berkendara normal atau sedan, dan menawarkan tampilan yang sederhana dan klasik.

Mengapa Lebar Velg Penting?

Velg merupakan perangkat yang sangat penting pada mobil selain ban. Namun, keluaran velg yang berbeda dapat menghasilkan kinerja yang berbeda-beda pada mobil Anda. Beberapa keuntungan dari membuat keputusan yang tepat dalam mengatur velg Anda di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Lebih terlihat menarik dan unik
  • Lebih meningkatkan handling ketika mobil digunakan pada kecepatan tinggi
  • Meningkatkan kontrol dan grip pada jalan lengkung maupun berliku
  • Meningkatkan handling dan kelincahan saat melakukan perputaran pada sensasi berkendara yang lebih baik

Memilih Lebar Velg yang Tepat untuk Ban Mobil

Lebar velg adalah ukuran panjang yang melingkari ban mobil. Lebar velg biasanya berkisar dari 6 hingga 10 inci. Dalam pemilihan lebar velg, perhatikan beberapa hal berikut:

Jangan memilih velg terlalu lebar

Masyarakat yang merasa velg sangat penting bagi penampilan kendaraan mereka, terkadang mengabaikan fakta bahwa kinerja kendaraan menjadi berkurang karena memilih velg terlalu lebar. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah:

  • Performance mobil Anda: Memiliki velg terlalu besar dan lebar akan mengurangi performa kendaraan Anda. Selain itu, meningkatnya berat kendaraan bisa membuat handling mobil berkurang.
  • Ketersediaan ban yang pas: Sebelum memilih ukuran velg yang tepat, pastikan Anda mempertimbangkan ketersediaan ban yang bisa dipasangkan dengan velg baru. Ukuran ban yang berbeda dengan lebar velg, bisa menyebabkan gesekan antara velg dan ban pada bagian pinggir ban.

Pastikan Lebar Velg Mencocokkan Ukuran Ban Mobil

Lebar velg biasanya berkisar dari 6 hingga 10 inci. Pastikan lebar velg sesuai ukuran ban mobil. Jangan menggunakan velg yang terlalu sempit atau lebar karena bisa memengaruhi performa kinerja mobil.

Contohnya jika menggunakan velg terlalu sempit, akan berdampak pada kenyamanan saat berkendara, bahkan bisa memicu kecelakaan ketika ambil tikungan pada kecepatan tinggi. Sebaliknya, menggunakan velg yang terlalu lebar mampu mengurangi taraf performa dan merusak pelat roda dan baut.

Mengenal Fitment

Fitment atau “wheel fitment” merujuk pada dimensi velg yang akan sesuai pada kendaraan tertentu. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi fitmentnya masing-masing, jika asal memilih bisa menyebabkan masalah besar. Pemilihan fitment yang tepat sangat penting agar velg dan ban dapat membentuk konfigurasi keseluruhan yang aman dan benar.

Pemilihan bisa dikategorikan dalam 3 bagian: Diameter, Lebar, dan Offset.

  • Diameter: Merupakan bagian terpenting dari cocoknya velg pada kendaraan. Ukuran velg yang terlalu kecil atau terlalu besar tidak akan cocok dan bisa menyebabkan kerugian. Diameter velg pada umumnya 14-24 inci.
  • Lebar: Pada setiap model mobil memiliki ukuran velg dan ban yang berbeda-beda, cara terbaik untuk mengetahui ukuran yang akan dibutuhkan pada masing-masing kendaraan adalah dengan melihat fitment yang dikeluarkan oleh produsen mobil.
  • Offset: Offset mengacu pada jarak yang mengukur antara velg dan pelat roda. Lebih jauh lagi, harus disesuaikan dengan ruang terluas antara pelat rem dan bagian belakang velg. Offset yang benar akan membantu memaksimalkan penggunaan karet di as roda untuk menambah stabilitas kendaraan.

Kesimpulan

Memilih ban mobil dan lebar velg yang tepat adalah penting bagi pengalaman berkendara yang nyaman dan aman. Pastikan untuk selalu memeriksa fitment yang dikeluarkan oleh kendaraan masing-masing, mengenali fitur ban yang tersedia sebelum memutuskan untuk membelinya, dan memilih lebar velg yang tepat untuk ban Anda.

Terdapat banyak varian velg dan ban yang tersedia di pasaran. Unsur yang terpenting adalah Anda harus mempertimbangkan pengaruh yang terjadi akibat pemilihannya, seperti kenyamanan berkendara, stabilitas kendaraan, meningkatkan daya tarik visual dari mobil, serta memperbarui performa, dan handling. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pecinta otomotif di Indonesia.

Written by Andi Suryanto

Andi Suryanto adalah seorang penulis otomotif yang memiliki minat khusus pada mobil sport dan performa tinggi. Dengan pengalamannya sebagai seorang mekanik balap, Andi memiliki wawasan mendalam tentang mesin mobil dan bagaimana meningkatkan performanya. Dalam blognya, Andi akan berbagi ulasan mobil sport terbaru, tips mengoptimalkan performa mobil, serta informasi seputar dunia balap dan kompetisi otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Harga Ban Mobil 215 60 R17, Apakah Mahal?

Jual Velg 16 Mobil: Pilihan Terbaik untuk Peningkatan Performa Mobil Anda