in

Berapa Lama Nyetrum Aki Mobil?

Aki mobil menjadi salah satu bagian penting dalam mobilitas kendaraan bermotor. Namun, seperti halnya benda mati lainnya, aki mempunyai masa pakai dan perlu terus dipelihara agar kinerjanya tetap optimal. Salah satu perawatan yang cukup penting untuk dilakukan pada aki mobil adalah penyuplaian arus listrik tambahan, atau lebih dikenal dengan nama nyetrum aki.

Lantas, berapa lama nyetrum aki mobil itu perlu dilakukan? Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa metode nyetrum aki yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan charger aki. Dan tentu saja, hal ini dapat dilakukan bukan hanya oleh ahli, tapi juga oleh pemilik kendaraan bermotor itu sendiri.

Frekuensi Penyuplai Arus Listrik Tambahan

Pada umumnya, nyetrum aki mobil yang dilakukan setiap minggu atau setidaknya seminggu sekali dianggap cukup dapat memperpanjang masa pakai aki mobil. Apabila mobil jarang digunakan, nyetrum aki bisa dilakukan setiap 2 minggu atau lebih.

Selain frekuensi pengisian ulang aki, satuan kapasitas aki, yang biasanya diukur dalam Ah (ampere hour), menjadi penentu berapa lama aki mampu bertahan. Semakin tinggi Ah yang dimiliki oleh aki, semakin lama pula masa pakai aki tersebut.

Tentu saja, cara berkendara dan perawatan aki juga memengaruhi masa pakai aki mobil. Aki akan lebih cepat aus dan memerlukan penggantian ketika digunakan pada kendaraan bermotor yang sering mengalami kemacetan, atau ketika aki jarang disuplai daya listrik tambahan.

Tanda-tanda Aki Mobil Butuh Diperhatikan

Perlu juga diketahui, ketika aki mobil mulai menunjukkan gejala tidak normal, yaitu ketika mesin sulit hidup atau suara mesin terdengar lemah, kemungkinan aki sudah mulai drop dan perlu segera diperhatikan. Hal ini juga bisa terjadi ketika lampu indikator aki menyala, atau waktu starter memakan waktu lebih lama dari biasanya untuk hidup.

Kesimpulan

Maka, dapat disimpulkan bahwa nyetrum aki pada mobil cukup penting dilakukan untuk memperpanjang masa pakai aki. Frekuensi pengisian aki bisa disesuaikan dengan frekuensi penggunaan mobil. Aki mobil yang sering digunakan dan biasa digunakan di jalanan ramai, perlu diawasi kondisinya secara berkala untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Sebisa mungkin, perawatan aki mobil, termasuk nyetrum aki, sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau dilakukan sesuai instruksi yang tepat agar aki dapat bertahan lebih lama.

Written by Rizky Pratama

Rizky Pratama adalah seorang penulis otomotif yang dinamis dan bersemangat. Ia adalah pecinta mobil klasik dan memiliki keahlian dalam restorasi mobil-mobil tua. Rizky memiliki pengetahuan mendalam tentang sejarah otomotif dan dapat memberikan wawasan yang menarik tentang perkembangan industri mobil. Dalam blognya, Rizky akan berbagi ulasan tentang mobil klasik yang jarang terlihat, tips restorasi, dan perjalanan mengunjungi pameran mobil-mobil antik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bengkel Jok Mobil Jakarta Selatan: Solusi Terbaik untuk Masalah Interior Mobil

Jual Beli Velg Mobil Manado: Temukan yang Terbaik untuk Kendaraan Anda